Membawa Semangat Asian Games 2018 ke Bulgaria

By Admin

nusakini.com--Dalam semangat mensukseskan Asian Games Jakarta-Palembang 2018, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, berinisiatif untuk mengintegrasikannya dengan kegiatan inistatif indonesia lainnya yaitu Asian Festival 2018. Asian Festival merupakan salah satu kegiatan besar di Kota Sofia, yang dilaksanakan di taman besar Borissova Garden, akhir pekan lalu.

Bhin-bhin si Badak, Atung si Rusa dan Ika si Burung, tiga binatang lucu yang menjadi maskot Asian Games 2018, hadir langsung dalam rangkaian kegiatan Asian Festival 2018 untuk menghibur seluruh pengunjung. Ketiga binatang ini sangat dicintai anak-anak dan pengunjung yang hadir. Mereka kerap diajak berfoto bersama dan dipeluk oleh pengunjung. Ketiganya juga terpampang dalam poster publikasi Asian Festival 2018. 

Sekitar 22 orang atlit putra-putri dan pelatih Tim Nasional Gulat Indonesia yang sedang berlatih di Bulgaria dalam persiapan Asian Games juga hadir memeriahkan acara Asian Festival ini, mulai dari acara pembukaan dan demonstrasi gulat pada acara Asian Festival 2018, serta pada acara parade negara-negara peserta sehari sebelumnya. 

Asian Festival di Bulgaria merupakan inisiatif Indonesia di bawah kepemimpinan Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid, Tahun ini merupakan edisi kedua Asian Festival setelah sukses dilaksanakan pada tahun lalu. Tahun ini Asian Festival diikuti 14 negara Asia yang tergabung dan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Republik Bulgaria, Rumen Radev. Indonesia berhasil meyakinkan negara asia lainnya untuk turut mensukseskan Asian Games 2018 

Sekitar 10000 pengunjung memenuhi festival ini dari jam 10 pagi hingga 8 malam. Para pengunjung dapat menikmati lezatnya kuliner asia, kerajinan sambil menonton pertunjukan tari, musik, sport, bela diri, dan berbagai tradisi menarik Indonesia, India, China, Thailand, Vietnam, Iran, Korea Selatan, Kuwait, Palestina, Saudi Arabia, Pakistan, Filipina, Jepang, dan Mongolia. Selain itu juga ada demo masakan Asia, workshop dan games untuk anak-anak.   

Dengan integrasi kegiatan tersebut akan semakin mempopulerkan Asian Games 2018 yang akan berlangsung bulan Agustus -September 2018 di Jakarta dan Palembang untuk publik Bulgaria dan masyarakat internasional di negara tersebut. Diharapkan juga akan semakin banyak penduduk setempat yang berwisata ke Indonesia. 

Bulgaria sendiri merupakan negara yang unggul untuk olah raga cabang gulat. Selain itu, dijadwalkan pada pertengahan tahun ini tim nasional bridge Indonesia juga akan melakukan try out pertandingan di Bulgaria. (p/ab)